Tips and Trik Memilih Asuransi Kesehatan

Kesehatan memang digadang menjadi salah satu aspek terpenting dalam hidup manusia sekarang ini. Masyarakat Indonesia pun sekarang sudah mulai menyadari bahwa kesehatan memang sangat penting untuk dijaga dengan berbagai hal, misalnya mengonsumsi makanan yang sehat, mengandung nutrisi yang begitu banyak, serta melakukan berbagai jenis olahraga yang sesuai dengan minat mereka masing-masing. Meski pun sudah menjaganya, namun pastinya ada saja masalah yang dapat timbul dan mengganggu kesehatan tubuh kamu. Selain itu, biaya untuk diobati di rumah sakit sekarang ini sudah semakin mahal, terutama jika kamu perlu untuk dirawat inap, pastinya jumlah uang yang dikeluarkan tidak akan sedikit. Oleh karena itu, untuk membuatnya sedikit ringan, banyak dari mereka yang memilih untuk membuka asuransi kesehatan pada suatu lembaga asuransi mau pun pada bank tertentu di Indonesia. Hal tersebut sangat penting karena dapat membuat kamu tidak mengeluarkan uang banyak ketika memang harus dirawat di rumah sakit.



Selain itu, nyatanya masuk dalam asuransi kesehatan tersebut juga memberikan beberapa keuntungan untuk kamu, seperti:

  • Kamu bisa merasakan 4 macam jenis perawatan, yakni rawat jalan, rawat inap, persalinan dan juga untuk perawatan gigi. kamu pun tidak akan terkena biaya untuk membayar jasa dokter, melakukan operasi, dirawat inap, dan juga obat-obatan akan diberikan secara gratis.
  • Semua biaya untuk segala perawatan di atas akan ditanggung oleh pihak asuransi yang kamu
  • Untuk perawatan gigi, kamutidak perlu membayar jika melakukan pencegahan, perawatan gigi yang dasar mau pun yang kompleks, termasuk menggunakan gigi palsu sekali pun.
  • Rawat jalan meliputi biaya konsultasi dengan dokter umum dan juga spesialis, obat dengan resep, tindak pencegahan, dan juga biaya peralatannya.

Hal tersebut pastinya akan ditanggung secara penuh oleh pihak asuransi. Namun pastikan jika jasa asuransi yang kamu gunakan merupakan yang terpercaya dan juga yang terbaik. Hal tersebut dapat kamu dapatkan jika memperhatikan beberapa hal ini:

1. Track Record

Hal pertama yang harus kamu lakukan pengecekannya adalah track record atau yang kerap disebut dengan riwayat dari perusahaan tersebut. Pastikan jika segala produk dan juga layanan yang diberikan sangat prima dan tidak menipu. Biasanya, perusahaan yang baik akan memiliki cabang perusahaan yang juga banyak. Untuk mengetahuinya lebih lanjut dan juga lebih jauh, kamu bisa berselancar di internet untuk mendapatkan agen asuransi yang paling baik dan juga sangat terpercaya, karena hal ini bersifat begitu penting dan sensitif.

2. Manfaat dan Biaya

Selanjutnya, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengecek keuntungan apa sajakah yang nantinya kamu terima jika memang bersedia menggunakan jasa asuransi dari perusahaan tersebut. Pastikan jika semua keuntungan tersebut bermanfaat bagi kamu agar nantinya di kemudian hari pun kamu tidak merasa kecewa dan juga menyesal. Selain itu, ketahui juga biaya atau premi yang harus dibayarkan setiap bulannya jika menggunakan jasa tersebut. Pastikan juga jika harga preminya sebanding dengan keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan ketika sakit.

3. Pelayanan yang Ditawarkan

Hal selanjutnya yang juga harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum menentukan penyedia asuransi kesehatan mana yang paling baik adalah dengan mengetahui jenis-jenis pelayanan yang ditawarkan oleh penyedia tersebut. Pastikan untuk mencari macam pelayanan apa yang diberikannya dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Baca semua rincian dari pelayanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut karena biasanya ada beberapa syarat yang memang sedikit sulit untuk dimengerti atau terdapat bias pada setiap makna persyaratan tersebut.

4. Sesuai Kantong

Selanjutnya, kamu juga harus mencari perusahaan penyedia jasa tersebut yang harga premi perbulannya sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Jangan sampai memilih jenis premi atau perusahaan yang memberikan harga yang dibayarkan di luar dari kemampuan atau pun mencekik keadaan finansial kamu. Oleh karena itu, jika keadaan finansial tidak baik, sekarang kamu dapat memilih juga asuransi untuk kesehatan yang disediakan oleh pemerintah yang lebih terjangkau dan juga menguntungkan.

5. Kolektif

Hal terakhir yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan jenis asuransi yang paling tepat untuk diri kamu sendiri adalah mengikuti program yang tersedia secara kolektif. Hal tersebut dikarenakan adanya beban premi yang harus kamu bayarkan akan jauh terasa lebih murah dan ringan jika melakukannya. Pilihlah jenis perusahaan yang tidak menuntut jaminan dari kamu karena pastinya hal tersebut akan lebih meringankan dalam hal finansial dan juga kenyamanan kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan penyedia jasa asuransi kesehatan yang terbaik, yang dimana pastinya memiliki kecocokan dengan kamu. Pastikan untuk memilihnya secara bijak, teliti dan juga penuh pertimbangan. Jangan mudah tertarik dengan berbagai jenis penawaran yang diajukan dari perusahaan tersebut, melainkan mencari tahu terlebih dahulu dan pertimbangkan segalanya dengan begitu matang. Dengan begini, kamu pun bisa mendapatkan jenis perusahaan yang terbaik.

Leave a Reply