Tips Mengelola THR Lebaran dengan Bijak

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bagi para pekerja, selain lebaran adanya uang THR juga menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Untuk menyambut lebaran banyak sekali berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga uang THR bisa digunakan untuk mengcover segala kebutuhan tersebut. Uang THR biasanya dibagikan maksimal H-14 sebelum lebaran tiba. Tentu lebih cepat diberikan akan lebih baik agar bisa mempersiapkan kebutuhan lebaran dengan lebih awal.

Mengingat biasanya harga barang mengalami kenaikan jika semakin mendekati hari lebaran. Namun perlu diingat juga, adanya uang THR disamping uang gaji bulanan yang diterima tidak lantas bisa kamu gunakan untuk keperluan yang tidak penting atau istilahnya berfoya-foya. Karena jika hal itu terjadi, uang THR yang kamu terima hanya akan sekedar lewat di depan mata saja tanpa arti sama sekali. Jika kamu sering mengalami kebocoran uang THR setiap tahunnya, maka sepertinya sudah saatnya kamu melakukan berbagai tips mengelola THR yang baik dan bijak.

Memiliki kebiasaan hidup boros memang memungkinkan seseorang untuk menghabiskan uang sebanyak apapun jika memilikinya. Meskipun sekamuinya kamu memiliki uang sebanyak apapun, kebiasaan hidup boros tetap tidak bisa dibenarkan. Selain mengarah ke gaya hidup hedon, juga tidak memberikan manfaat sama sekali. Seperti momen ketika mendapatkan uang THR menjelang lebaran, akan terasa sia-sia jika tidak dipergunakan sebaik-baiknya. Memang benar saat lebaran kita memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, sebut saja membeli makanan lebaran, pakaian lebaran, dan kebutuhan lainnya. Namun kamu bisa memenuhinya dalam porsi yang pas saja.

Uang THR memang beda dengan pendapatan bulanan seperti biasanya, yang mana sudah memiliki pos kepentingan masing-masing dan memang harus berjalan seperti bulan-bulan lainnya. Jangan menggunakan uang THR untuk menutupi pengeluaran atau investasi bulanan rutin, atau bahkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak jelas. Karena memang hakikatnya uang THR digunakan untuk menunjang kebutuhan hari raya lebaran. Nah, agar uang THR bisa digunakan dengan lebih bermanfaat, berikut ini ada beberapa tips mengelola THR dengan lebih bijak, antara lain sebagai berikut:

  1. Membuat anggaran

Sebaiknya membuat anggaran keuangan terlebih dahulu sebelum menggunakan uang THR yang kamu dapatkan untuk memenuhi kebutuhan. Anggarkan atau rencanakan dengan bijak alokasi uang THR kamu untuk biaya lebaran apa saja yang harus dipenuhi, seperti misalnya uang zakat, sedekah, membeli makanan dan minuman lebaran, THR untuk sanak saudara jika memang terbiasa memiliki tradisi ini, pakaian lebaran, dlsb. Pastikan semua kebutuhan yang masuk dalam anggaran keuangan kamu memang benar-benar penting untuk dimiliki dalam waktu dekat ini.

  1. Menentukan skala prioritas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penting menggunakan uang THR untuk kebutuhan yang penting-penting untuk saat ini dan harus dipenuhi segera. Sehingga kamu harus menentukan mana yang lebih penting atau yang utama untuk dibayar ataupun dibeli. Seperti misalnya jika kamu memiliki hutang, maka lebih baik memprioritaskan untuk membayar hutang terlebih dahulu. Jika kamu memiliki asisten rumah tangga, maka pergunakan untuk membayarkan uang THR sesuai dengan ketrampilan kerjanya. Jika ada kebutuhan yang tidak terlalu penting, maka kendalikan diri untuk mengeluarkan uang THR pada kebutuhan tersebut.

  1. Tidak mudah tergiur dengan diskon besar

Sudah hal biasa jika menjelang lebaran banyak sekali pusat perbelanjaan serta toko offline maupun online yang memberikan diskon besar-besaran kepada calon pembeli. Adanya diskon memang sangat menguntungkan konsumen agar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih miring. Namun hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk bisa berbelanja dengan kalap. Pastikan kamu tidak berbelanja dengan berlebihan dan menggunakan uang THR untuk membeli yang penting-penting dan dibutuhkan saja. kamu bisa memanfaatkan diskon untuk memenuhi kebutuhan kamu. Jika menemukan barang diskon di luar jalur kebutuhan yang harus dipenuhi maka abaikan saja dan fokus dengan pemenuhan kebutuhan penting kamu sesuai anggaran.

  1. Tabungan atau investasi

Meskipun di hari lebaran jumlah pengeluaran menjadi sedikit berlebih dibandingkan dengan hari-hari biasanya, namun bukan berarti kita tidak bisa menabung. Jika kita mampu mengatur dan mengelola keuangan dengan sebaik mungkin maka kita tetap bisa menabung. Bahkan bisa saja berlebih karena ditambah bonus THR. Tak sedikit yang menggunakan uang THR sebagai modal untuk memulai bisnis atau usaha kecil-kecilan. kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan uang THR untuk keperluan masa depan.

  1. Zakat dan sedekah

Tips mengelola THR yang terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyisihkan sebagian dari uang THR untuk keperluan zakat fitrah juga untuk bersedekah. Sehingga uang THR kamu lebih berkah karena dipergunakan untuk memberikan manfaat untuk diri sendiri namun juga orang lain di luar sana.

Leave a Reply