Tips dan Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tepat

Masalah keuangan memang menjadi salah satu hal yang krusial untuk setiap perusahaan atau lembaga. Karena dari laporan tersebut akan dapat dilihat bagaimana kinerja perusahaan atau lembaga. Dan juga dapat untuk mengetahui bagaimana kesehatan keuangan dalam sebuah instansi perusahaan. Oleh karena itulah Anda perlu untuk membuat laporan keuangan yang tepat sehingga laporan tersebut mudah dibaca dan tidak akan menimbulkan mis persepsi untuk orang yang membacanya. Dimana cara membuat laporan keuangan yang tepat adalah sebagai berikut ini:

1. Dibuat oleh profesional

Tips pertama untuk membuat laporan keuangan yang terbaik tentu saja dibuat oleh profesional. Anda bisa untuk membuat laporan keuangan tersebut karena memang profesi Anda yang akan memungkinkan untuk membuat laporan tersebut. Karena keuangan dalam sebuah instansi atau perusahaan tidak akan dapat mudah diakses oleh orang lain dan hanya akan diketahui oleh orang yang memang berkepentingan atau mempunyai akses untuk membuat laporan tersebut. Seperti misalnya adalah laporan yang dibuat oleh profesional yaitu dari bendahara atau orang yang memang mempunyai tugas untuk membuat laporan tersebut. Bendahara tersebut merupakan orang yang memang mempunyai kemampuan dalam membuat laporan keuangan sehingga akan membuat laporan keuangan yang tepat.

2. Sesuaikan dengan prosedur perusahaan

Tips selanjutnya untuk cara membuat laporan keuangan yang tepat adalah dengan membuat laporan tersebut sesuai dengan prosedur dalam perusahaan. Biasanya ketika akan membuat laporan keuangan tersebut akan mempunyai patokan sendiri untuk setiap kantornya. Baik itu kantor negeri ataupun swasta, baik perusahaan kecil ataupun besar. Sehingga ketika akan membuat laporan tersebut sesuaikan dengan pola dan cara pembuatan laporan keuangan oleh perusahaan tersebut sebelumnya. Sehingga akan mendapatkan laporan keuangan yang tepat dan sesuai dengan cara kerja dari perusahaan tersebut.

3. Buatlah laporan keuangan sesuai dengan jenisnya

Ketika akan membuat laporan keuangan untuk perusahaan ataupun lembaga tertentu, biasanya akan ada waktu khusus untuk membuatnya. Banyak perusahaan yang akan membuat laporan tersebut bulanan, tiga bulan, setengah tahun, dan juga 1 tahunan. Sehingga hal tersebut akan lebih mudah untuk mengatur keuangan dalam perusahaan. Untuk bendahara tentu saja harus mengetahui jenis laporan dan waktu pembuatannya sehingga akan dapat membuat laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Seperti misalnya ada laporan keuangan SPJ yang akan dibuat setiap bulannya untuk laporan keuangan kantor.

4. Berikan bukti yang otentik

Tips selanjutnya apabila akan membuat laporan keuangan adalah dengan pemasukan dan juga pengeluaran yang bisa pas. Sehingga tidak ada miskomunikasi dan juga semua pengeluaran dapat untuk dipertanggungjawabkan. Oleh karena itulah apabila akan menggunakan uang perusahaan harus disertai dengan bukti yang digunakan. Misalnya adalah bukti yang otentik seperti bill ketika makan di restoran ketika meeting dengan klien, bukti tiket penerbangan ketika ada perjalanan bisnis, dan juga bukti lainnya harus disertakan untuk mendukung statement yang ada pada laporan keuangan yang dibuat oleh bendahara.

5. Cek kembali sebelum diserahkan

Dan tips terakhir untuk cara membuat laporan keuangan yang tepat adalah dengan mengecek kembali sebelum akan di presentasikan dan diserahkan kepada perusahaan. Hal tersebut untuk menghindari adanya kesalahan yang dapat terjadi dan menjadi kekacauan karena hal tersebut akan berhubungan dengan uang perusahaan. Sehingga satu sennya sangat berharga dan harus diketahui kemana perginya agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti adanya korupsi dalam perusahaan yang dapat membuat perusahaan menjadi hancur.