Rekomendasi Beasiswa S2 di Luar Negeri Terbaik

Melanjutkan studi di luar negeri merupakan impian banyak orang yang telah menyelesaikan pendidikan S1nya. Ketika telah lulus dan mendapatkan gelar sarjana, bagi yang peduli dengan pendidikan maka akan kuliah lagi dan banyak juga yang ingin melanjutkan pendidikannya tidak di dalam negeri. Keinginan tersebut juga dibantu dengan banyaknya beasiswa S2 di luar negeri yang bisa diambil sehingga tidak hanya mendapatkan gelar dari kampus yang bergengsi di luar negeri tetapi juga akan mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri. Adapun beberapa rekomendasi beasiswa yang menyediakan jalan untuk dapat kuliah di luar negeri adalah sebagai berikut:

1. Fulbright

Jenis beasiswa pertama yang dapat dipilih bagi yang sangat ingin melanjutkan pendidikan S2nya ke luar negeri adalah beasiswa Fulbright yang merupakan beasiswa reputasi global. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat yang ditawarkan untuk 155 negara dan akan menerima setidaknya 7500 orang yang akan mendapatkan beasiswa yang satu ini. Selain untuk pelajar mancanegara, beasiswa ini juga diberikan oleh pelajar dalam negeri dari AS sendiri. Untuk mendapatkan beasiswa Fulbright di Indonesia, beasiswa ini dikelola oleh AMINEF yang mengurusi mengenai pertukaran pelajar AS dan Indonesia. Dimana beasiswa ini bisa dipilih untuk Anda yang ingin kuliah di kampus ternama di Amerika dengan fasilitas seperti biaya buku, tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan juga mendapatkan asuransi kesehatan.

2. Erasmus

Rekomendasi beasiswa selanjutnya untuk Anda yang ingin kuliah di luar negeri adalah Beasiswa Erasmus. Beasiswa ini bisa dipilih untuk Anda yang ingin kuliah di Eropa sebagai benua dengan banyak kampus ternama yang ada dunia. Ada sekitar 27 negara Eropa yang menawarkan beasiswa ini dan banyak jurusan untuk beasiswa S2 di luar negeri yang dapat dipilih oleh pelajar yang ingin mempunyai kesempatan untuk berkuliah S2 di negara-negara Eropa. Fasilitas dari beasiswa ini juga banyak mulai dari biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan juga mendapatkan biaya perjalanan.


3. DAAD

Jenis selanjutnya untuk beasiswa S2 di luar negeri adalah beasiswa DAAD yang bisa digunakan untuk Anda yang ingin kuliah dan melanjutkan pendidikan S2 di negara Jerman. Di Indonesia misalnya ada nama alumnus dari kampus Jerman yang sangat terkenal yaitu BJ Habibie yang merupakan mantan Presiden di Indonesia dan juga dikenal sebagai tokoh intelek yang dihormati di dalam negeri. Sehingga bagi yang tertarik untuk kuliah di Jerman bisa untuk memilih beasiswa DAAD yang menawarkan banyak beasiswa untuk pelajar dari negara berkembang salah satunya adalah Indonesia. Fasilitas dari beasiswa DAAD ini adalah mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan juga berbagai tunjangan lainnya. Dan setiap tahun beasiswa DAAD ini menawarkan setidaknya 70 ribu kursi yang bisa diperebutkan oleh pelajar.

4. Chevening

Beasiswa Chevening merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris dan bisa menjadi kesempatan untuk murid international untuk belajar di negara yang sangat terkenal di Eropa ini. Jenis beasiswa yang satu in diperuntukan untuk mencari bibit-bibit pemimpin unggul dan berbakat dan mempunyai banyak fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari tiket perjalanan, biaya penyusunan thesis, tunjangan hidup, uang saku perbulan, dan tentunya biaya pendidikan. Beasiswa ini sendiri ditawarkan untuk setidaknya 700 mahasiswa setiap tahunnya sehingga persaingan untuk mendapatkan beasiswa yang satu ini sangatlah ketat.

5. Australia Awards

Australia merupakan benua yang dekat dengan Indonesia dan merupakan favorit banyak pelajar dari Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan. Hal tersebut juga berlaku untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan S2nya di kampus yang ada di Australia. Karena ada beasiswa Australia Awards yang disediakan oleh pemerintah Australia untuk berbagai negara berkembang termasuk juga Indonesia. Ada banyak kampus yang dapat dipilih dan juga fasilitas yang akan mendukung selama kuliah di kampusnya. Seperti fasilitas tempat tinggal, tiket perjalanan, asuransi kesehatan pelatihan bahasa Inggris, tunjangan hidup, biaya kuliah, dan juga berbagai fasilitas lainnya.

6. Eiffel

Dari namanya saja tentu pelajar sudah mengetahui bahwa beasiswa ini diberikan untuk dapat kuliah di berbagai kampus yang ada di Perancis. Beasiswa Eiffer ini menawarkan kesempatan untuk dapat kuliah S2 dan S3 di berbagai universitas di Perancis dan akan mendapatkan tunjangan bulanan seribu hingga 1400 euro. Selain itu juga mendapatkan fasilitas lainnya yang akan mempermudah untuk kuliah di Perancis.

7. Gates Cambridge

Dan jenis beasiswa S2 di luar negeri lainnya yang dapat dipilih adalah beasiswa gates Cambridge. Beasiswa ini merupakan program yang bisa digunakan untuk Anda yang ingin kuliah di Universitas Cambridge Inggris. Fasilitas yang ditawarkan oleh beasiswa ini juga sangat prestisius dan tidak sembarang untuk menjaring calon penerima beasiswanya.

Beberapa beasiswa diatas didapatkan dengan belajar yang giat, bersosialisasi kepada banyak orang disekitar, dan tidak lupa meminta restu kedua orangtua serta berdoa.

Leave a Reply