Pengertian Rekening Bersama Beserta Plus Minusnya

Jual beli konvensional kini rasanya sudah mulai redup dengan ciri sepinya toko atau mall-mall besar. Bahkan banyak pusat perbelanjaan yang dulunya ramai kini sudah ditutup permanen karena sedikitnya pengunjung. Hal ini baik langsung maupun tak langsung dipengaruhi dengan adanya internet sebagai sarana jual beli online yang mulai marak digunakan masyarakat. Baik sebagai penjual maupun pembeli, angka transaksi jual beli online semakin besar dari hari ke hari. Berbagai barang bisa diperjualbelikan secara online dimulai dari barang yang kecil misalnya bibit bunga, koin hingga barang besar seperti sepeda, alat elektronik dan sebagainya. Namun transaksi online juga memiliki resiko yang sering ditakutkan khususnya oleh para pembeli yaitu barang tidak dikirim padahal sudah transfer sesuai harga beli. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diciptakan rekening bersama agar pembeli dan penjual sama-sama merasa aman.

Prinsip kerja untuk rekening ini adalah dengan menampung dana yang dikirimkan oleh pembeli untuk nantinya ditransfer ke rekening penjual jika pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan barang. Dengan begitu dana tak akan langsung sampai ke tangan penjual jika pembeli belum menerima barang yang dipesan. Sistem ini kini banyak digunakan oleh situs belanja online besar yang sudah memiliki akun rekbernya masing-masing. Pada situs belanja online, pembeli bisa langsung melakukan konfirmasi barang diterima melalui situs tersebut sehingga secara online pemilik situs akan langsung dapat meneruskan dana yang telah disimpan kepada rekening penjual.



Adanya rekber menjadi solusi bagi transaksi jual beli online yang kerap diciderai oleh penjual yang tak bertanggung jawab dan sering tak mengirimkan barang pada pembeli yang telah membayar. Oleh karena itu jika Anda berada di posisi pembeli, sebaiknya dalam bertransaksi jual beli online bisa memilih tempat penjualan yang menggunakan rekber seperti situs belanja online besar. Namun jika Anda tidak membeli barang di situs besar, misalnya karena produk yang dibeli adalah binatang peliharaan, Anda tetap bisa menggunakan rekber yang kini sudah banyak dibuka dari penyedianya.

Menggunakan rekber mandiri selain dari situs belanja online, berarti pembeli bersedia membayar dana layanan yang tarifnya disesuaikan dengan total transaksi jual beli. Semakin mahal dana yang disimpankan sebelum barang datang maka semakin mahal juga biaya layanannya. Namun pastinya biaya ini jauh lebih murah dibandingkan dengan jika Anda kehilangan uang karena penjual yang ternyata tak berniat mengirimkan barang yang Anda beli tersebut. Sebagai gambaran, untuk harga transaksi jual beli dengan nominal Rp. 100 ribu maka biaya layanan untuk rekber sekitar Rp. 5.000. Cukup murah dibandingkan jika nominal pembelian Anda raib bukan?

Penggunaan rekening bersama memang memberikan solusi bagi mereka yang khawatir akan kredibilitas penjual. Secara spesifik, berikut ini adalah kelebihan jika Anda bertransaksi menggunakan rekber:

  • Adanya jaminan uang kembali jika ternyata barang tak dikirimkan oleh penjual.
  • Ada batas waktu dimana penjual bisa mengirimkan barang yang dipesan sebelum uang pembelian dikembalikan kembali kepada pembeli.
  • Jika barang yang dikirimkan tidak sesuai pesananpun, pembeli tetap bisa memberikan informasi agar pemilik rekber menahan barang atau menggunakan cara-cara yang telah disepakati sebelumnya.
  • Menaikkan kredibilitas penjual jika bersedia menggunakan layanan rekber.

Meski begitu, tetap saja ada kekurangan yang dimiliki dengan menggunakan pembayaran sistem ini. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang juga pernah dilaporkan oleh penjual maupun pembeli:

  • Adanya biaya layanan jika menggunakan rekber selain milik situs jual beli yang digunakan.
  • Tak 100% aman karena bisa saja pemilik rekber melarikan dana yang dititipkan.
  • Ada prosedur dan tata cara yang perlu dilakukan di kedua belah pihak agar transaksi menjadi lancar dan aman.
  • Penjual memiliki batas pengiriman barang yang menjadi kelebihan bagi pembeli dan kekurangan bagi penjual karena harus melakukannya sebelum batas berlalu.
  • Pembeli juga memiliki batas konfirmasi barang datang atau komplain barang yang perlu dilakukan sebelum uang pembelian diteruskan secara otomatis pada rekening penjual jika sudah ada laporan mengenai barang diterima dari pihak kurir yang digunakan.
  • Penjual harus sabar menunggu konfirmasi barang datang dari pembeli meski laporan kurir sudah ada hingga batas konfirmasi pembeli diperlukan.

Jika antara penjual dan pembeli melakukan prosedur yang benar dalam mengirim dan memberikan konfirmasi datangnya barang dengan benar dan cepat, maka penggunaan rekening bersama merupakan cara yang terbaik untuk bisa bertransaksi dengan aman, mudah dan lancar. Saat ini secara otomatis jika Anda menggunakan situs belanja online, transaksi akan diteruskan di rekber terlebih dahulu hingga menunggu konfirmasi dari pihak pembeli. Pembeli juga harus menunggu kesiapan penjual dalam mengirimkan barang yang masih masuk dalam kategori normal yaitu sekitar 3 hari kerja sebelum barang dikirimkan.

Leave a Reply