Manfaat Penting Nomor Kartu Kredit yang Wajib Anda Ketahui

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada banyak hal-hal yang mulai berubah, salah satu diantaranya adalah dalam hal pembayaran, faktanya Anda memang tak perlu lagi menggunakan uang secara tunai untuk kebutuhan membayar beragam jenis hal. Melainkan cukup menyiapkan sebuah kartu untuk pembayaran barang yang dibeli, tentunya hanya tinggal menggesek, hal ini dikarenakan sudah ada yang namanya kartu kredit. Sarana pembayaran yang dikeluarkan oleh sebuah bank atau instansi keuangan tertentu. Setiap credit card dibekali dengan nomor, namun patut untuk diketahui bahwa ternyata nomor kartu kredit ini bukan hanya sebuah identitas.

Jika dilihat sebenarnya semua produk keuangan yang ditawarkan oleh bank, entah itu kartu kredit atau sebuah ATM sendiri sebenarnya memiliki sebuah nomor yang memang nantinya bisa Anda lihat di bagian permukaannya, fungsi nomor ini tentunya tak sebatas digunakan sebagai ciri dari sebuah kartu saja, melainkan ada ternyata beragam manfaat lainnya yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Digunakan untuk proses verifikasi keabsahan dari kartu tersebut, patut untuk diketahui bahwa sebenarnya nomor yang satu ini tak sekedar ditulis di bagian permukaannya saja, melainkan juga memiliki fungsi, yaitu dipakai untuk verifikasi atau mencocokkan data, karena terkadang ada banyak sekali bentuk penipuan semacam ini.
  2. Dipakai sebagai kode keamanan dari sebuah kartu kredit, manfaat atau fungsi kedua yang dimiliki dari nomor kartu ini tak lain ditujukan untuk sebuah keamanan. Untuk itu meskipun hanya sebuah nomor hendaknya jangan dengan mudah disebarluaskan, karena takutnya nanti disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Belakangan ini jika dilihat memang sering kali banyak terjadi resiko pembobolan credit card di tengah-tengah masyarakat, hal ini tentunya sangat berbahaya dan bisa terjadi pada siapa saja, untuk itu sebagai bentuk pengamannya, maka berikut ini ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan kartu kredit yang dimiliki tersebut, diantaranya adalah:

  1. Waspada saat bertransaksi, khususnya adalah ketika Anda melakukan jenis transaksi langsung di kasir-kasir sebuah toko atau pusat perbelanjaan, terkadang memang lebih praktis dengan memakai kartu ini jika dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan secara tunai. Pastikan saat mengetikkan pin Anda menutupnya dengan baik, sehingga kasir atau bahkan orang lain yang ikut mengantri di belakang juga tak akan mampu melihat pin tersebut.
  2. Jangan sembarangan membagikan nomor kartu kredit bahkan pin kepada orang lain, hal-hal semacam ini secara tidak sengaja Anda lakukan, contohnya adalah menuliskan nomor tersebut di ponsel dan bisa dengan mudah dibuka oleh orang lain, meskipun terlihat sepele, namun sebenarnya ini sangat berbahaya, karena ada kemungkinan nantinya orang-orang yang iseng dapat menggunakannya untuk melakukan pembayaran secara online.
  3. Tanda tangan di kartu kredit, bukan hanya kartu kredit saja, kenyataannya jika dilihat maka ada di kartu ATM juga yang harus ditandatangani oleh pemilik sebelumnya, hal ini akan discan oleh pihak bank sebagai bukti jika sewaktu-waktu ada yang terjadi maka secara langsung nantinya pihak bank akan meminta konfirmasi dari pemilik yang aslinya. Jadi tak akan mudah disalah gunakan oleh pemilik.
  4. Saat kartu kredit hilang maka harus segera dilaporkan ke bank, mintalah bank untuk memblokir kartu kredit tersebut, meskipun masih ada pin yang digunakan sebagai sarana pengamanan pertama, namun untuk beberapa kalangan yang sering kali membuat pin dengan kombinasi yang mudah hal ini sangat mungkin untuk disalah gunakan, sehingga ada baiknya untuk langsung memblokir kartu tersebut agar tidak digunakan oleh oknum yang salah.
  5. Jika tak ingin menggunakannya lagi, maka akan jauh lebih aman bagi Anda untuk mengguntingnya, tak lagi ingin menggunakan kartu tersebut bukan berarti Anda bisa seenaknya dapat membuang ke tempat sampah, selama bentuknya masih utuh ada kemungkinan pihak-pihak yang menemukannya bisa memakai kartu tersebut. Untuk itulah cara yang paling aman sebenarnya adalah dengan mengguntingnya, bukan dengan membuang dalam kondisi utuh, karena jika sudah dipotong tak akan mampu digunakan kembali.
  6. Pastikan memilih kombinasi PIN yang tidak mudah diingat, seperti misalnya mengulang 6 angka yang sama, hal ini hanya akan mempermudah orang lain untuk membobolnya, sebaiknya gunakan angka-angka yang tidak mudah diingat kombinasinya, tentunya sebagai salah satu langkah keamanan bagi Anda.

Mudah dilakukan bukan, meskipun di dalamnya tidak diisi dengan uang, faktanya ada limit yang memang bisa digunakan. Ingat baik-baik untuk menyimpannya secara aman, juga perhatikan nomor kartu kredit Anda, jangan sampai asal diberikan kepada orang lain. Jika kartu tersebut aman tentunya bertransaksi akan jadi semakin mudah dan juga menguntungkan untuk dilakukan.

Leave a Reply