Manfaat dan Jenis: Asuransi Perjalanan

Melakukan perjalanan jauh merupakan salah satu hal yang cukup melelahkan seperti liburan, mudik ataupun hanya sekedar travelling. Banyak hal yang mungkin bisa saja terjadi ketika selama perjalanan berlangsung, hal itu sering kali menghinggapi kecemasan kepada kamu sebelum berangkat. Untuk membuat kamu lebih tenang melakukan perjalanan itu semua bisa manfaatkan asuransi perjalanan yang terbaik untuk menjadi jaminan. Seperti jenis asuransi lainnya, asuransi tersebut akan menanggung segala hal yang terjadi pada kamu selama perjalanan.

Banyak orang yang akhirnya memilih transportasi umum untuk melakukan perjalanan karena ketakutan menggunakan mobil secara pribadi. Tetapi untuk memberikan jaminan kepada kamu pilihlah alat transportasi yang sudah menyediakan secara keseluruhan asuransi keselamatan. Hal ini sering sekali tidak diperhatikan oleh masyarakat, artinya mereka tidak terlalu menghiraukan ada atau tidaknya asuransi dalam alat transportasi tersebut. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kamu diperoleh dari menggunakan asuransi tersebut seperti:

1. Menanggung biaya perawatan

Jika harus ditanya pastinya tidak akan yang ingin sakit ditengah perjalanan liburan kamu baik itu didalam negeri ataupun luar negeri. Tetapi segala rencana itu mungkin saja buyar ketika kamu tiba-tiba sakit dan harus dirawat, padahal biaya sudah habis untuk berangkat liburan. Tetapi dengan adanya asuransi keselamatan perjalanan akan memberikan jaminan kepada kamu. Bisa saja biaya rumah sakit ditanggung oleh pihak asuransi sebagai penanggung jawab keselamatan.

2. Sumbangan kematian

Tidak ada yang ingin meninggal dalam waktu cepat padahal tanggung jawab sebagai kepala keluarga dan tulang punggung keluarga masih banyak. Nah, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan adanya asuransi untuk memberikan sumbangan ketika pada saat kamu melakukan perjalanan ternyata ada sesuatu hal yang tidak diinginkan.

3. Kompensasi pembatalan perjalanan

Jika berpergian menggunakan alat transportasi umum dan ternyata tidak sesuai dengan jadwal awal pasti akan sangat merugikan untuk kamu. Misalnya saja ketika menggunakan pesawat dan terjadi pembatalan, umumnya pihak maskapai atau perusahaan penerbangan akan memberikan kompensasi berupa penginapan, hotel ataupun yang lainnya.

4. Ganti rugi kerusakan

Ini merupakan salah satu kejadian yang sering sekali dialami oleh para pelaku perjalanan, seperti kerusakan bagasi, kehilangan dan lainnya. Sebagai penumpang pasti kamu banyak sekali dirugikan oleh pihak perjalanan. Tetapi karena kamu menggunakan asuransi perjalanan bisa langsung melakukan klaim dan mendapatkan kompensasi.

5. Terjadinya bencana

Manfaat yang selanjutnya akan kamu terima ketika terjadi suatu bencana ataupun hal lain yang bisa terjadi kapan saja. Kerugian yang dialami pasti akan sangat banyak sekali selain fisik dan mental pasti finansial juga termasuk. Makanya jika kamu menggunakan asuransi secara otomatis akan ditanggung langsung, jadi segala perjalanan lebih tenang dan aman.



Selain dari sebuah perusahaan transportasi yang kamu gunakan, asuransi dalam bentuk perjalanan itu juga bisa kamu dapatkan dengan cara membeli. Artinya kamu bisa memilih sendiri jenis asuransi seperti apa yang paling tepat, ini khusus untuk kamu yang memang sering sekali melakukan perjalanan jauh. Untuk itu perlu pemahaman terlebih dahulu dari jenis yang ada seperti berikut ini:

1.  Jangka waktu

Dalam jenis asuransi ini bisa kamu pilih sendiri untuk jenis sekali jalan atau tahunan, untuk kamu yang sering melakukan perjalanan pasti lebih untung ketika memilih model tahunan. Tetapi jika dalam satu tahun hanya berniatan untuk berpergian sekali bisa memilih jenis single trip.

 2. Jumlah tanggung

Lalu ada jenis kedua yang bisa kamu lihat berdasarkan jumlah yang tertanggung, artinya bisa individu ataupun kelompok. Jika kamu sering melakukan perjalanan sendiri bisa memilih model individu dan begitu juga dengan mereka yang sering melakukan berkelompok seperti keluarga, biro perjalanan ataupun yang lainnya.

 3. Tujuan perjalanan

Untuk selanjutnya ini juga dibedakan berdasarkan dua kelompok antara perjalanan wisata ataupun bisnis. Jika memang akan melakukan perjalanan travelling pasti memilih yang model wisata. Jika kamu selalu berpergian untuk kegiatan bisnis bisa memilih model asuransi yang bisnis.

4. Tempat tujuan

Yang dimaksud dalam jenis asuransi kali ini adalah perbedaan antara akan menentukan perjalanan internasional ataupun domestik. Karena biaya premi yang harus dibayarkan berbeda, untuk perjalanan tempat tujuan internasional pasti akan lebih mahal dari pada perjalanan domestik.

Nah, itulah keempat jenis asuransi yang bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan keinginan dan tujuan kamu menggunakan asuransi perjalanan. Diluaran sana ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai jenis asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih. Tetapi kamu tetap usahakan menjadi nasabah yang lebih selektif ketika akan memilih. Tentukan yang paling terbaik , manfaat yang jelas, sesuai dengan kebutuhan kamu dan tentunya tidak merugikan kamu sebagai pengguna. Semoga sedikit informasi diatas bisa memberikan tambahan referensi untuk kamu sebelum memilih jenis asuransi yang tepat.

Leave a Reply