Langkah-langkah Mudah Ajukan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan ke Bank

Banyak alasan yang membuat masyarakat lebih condong untuk memilih pinjaman uang tanpa jaminan jika dibandingkan dengan kredit beragunan. Salah satu diantaranya pasti melihat dari faktor keamanan, dimana memang dengan KTA ini sendiri mereka nantinya akan merasa lebih santai tak harus menyertakan adanya jaminan barang berharga dan takut nantinya jaminan tersebut akan disita oleh bank. Meskipun jika dilihat sebenarnya syarat yang ditujukan untuk bisa ambil pinjaman kesini juga terbilang sangat banyak dan belum tentu semua calon pengaju akan langsung diterima oleh bank tersebut.

 

Berbicara mengenai jenis pinjaman uang tanpa jaminan sendiri sebenarnya bisa didapatkan secara mudah tanpa harus datang ke bank, misalnya adalah dengan memulai meminjam dari saudara terdekat atau mungkin teman. Tentunya mereka bisa menolong jika memang jumlah pinjaman uang tanpa jaminan yang diinginkan tidak begitu besar nilainya, namun jika seandainya jumlah yang dibutuhkan terbilang banyak, maka satu-satunya cara adalah dengan melakukan pengajuan ke bank.

 

Ada banyak sekali bank yang menawarkan produk pinjaman uang tanpa jaminan yang pastinya akan cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan, namun kembali lagi memang Anda yang harus lebih selektif dalam memilih, karena takutnya akan menyesal pada akhirnya, mulai dari pertimbangan suku bunga, kemudian juga syarat-syarat lain yang berlaku harus dipikirkan secara matang. adapun berikut ini diantaranya langkah dalam memulai untuk ajukan kredit tanpa agunan ini, diantaranya adalah:

Baca juga: Jenis Pinjaman Uang dari Bank dan Karakteristiknya

  1. Kenali kebutuhan keuangan Anda, jika sebagian diantara uang kebutuhan tersebut bisa didapatkan dengan meminjam uang dari teman atau sahabat terdekat, maka nantinya Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman kesana, tak harus semuanya dari bank, dengan demikian bisa menekan angka hutang dari instansi tersebut, pada akhirnya tentu nilai atau jumlah tanggungan juga semakin kecil.
  2. Perbanyak informasinya, lebih aman bagi calon debitur adalah dengan membanding-bandingkan antara satu bank dengan produk KTA bank yang lainnya, karena kenyataannya setiap instansi memberlakukan ketentuan yang berbeda-beda, begitu juga yang berhubungan dengan suku bunga yang mereka berikan. Jadi akan lebih aman jika seandainya mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai produk KTA dari satu bank ke bank yang lainnya, sehingga nantinya Anda bisa pilah-pilih lebih leluasa.
  3. Cek dulu simulasi kreditnya, untuk lebih mengenal mengenai jumlah yang harus dibayarkan juga terhindar dari resiko penipuan, maka lakukan simulasi terlebih dahulu kini ada banyak sekali kalkulator simulasi kredit ini yang bisa dicoba, dengan memasukkan jumlah pinjaman, nilai bunga dan juga tenor yang diinginkan. Patut untuk diketahui bahwa semakin panjang tenor yang Anda pilih, nantinya akan berakibat pada jumlah angsuran yang semakin kecil, hanya saja jatuhnya memang hutang semakin lama dilunasi.
  4. Mulai menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, setidaknya memang ada cukup banyak syarat yang harus dipenuhi guna mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan ini, pada setiap bank berbeda-beda, namun kebanyakan pasti menyertakan adanya data diri dan juga pendukung, kemudian berhubungan dengan slip gaji, kartu kredit sebagai nilai tambah dan yang lainnya, semua berkas harus dipersiapkan sebelumnya untuk mendukung kemudahan Anda dalam pengajuan.
  5. Mulai apply, kini kemudahan dalam apply ditawarkan dengan adanya fiture online, tentu banyak yang sudah tak asing dengan fiture yang satu ini, dimana memang nantinya Anda bisa mengisi semua berkas atau formulir pendaftaran tanpa harus datang langsung ke bank tersebut, melainkan cukup dengan mengujungi situs yang resmi. Disana ada pendaftaran KTA secara mandiri yang bisa langsung dicoba. Ikuti langkah-langkah yang ditujukan, sebenarnya jika melihat formulir online ini serupa dengan formulir yang ditulis atau dicatat secara langsung, hanya bentuknya adalah digital dan kedepannya juga bisa langsung dicetak.
  6. Tunggu konfirmasinya dari email Anda, setelah pendaftaran online dilakukan biasanya akan langsung ada email balasan dalam bentuk formulir yang bisa langsung dicetak. Download formulir yang sudah diisi tersebut kemudian bisa langsung mencetaknya, setelah itu Anda dapat menyertakan berkas-berkas yang sudah disiapkan untuk pengajuan langsung.
  7. Datang ke cabang bank terdekat, pengajuan online masih setengah dari proses apply yang sebenarnya, sehingga berkas dan juga aplikasi atau form yang sudah diisi tersebut nantinya masih harus dibawa ke cabang bank terdekat untuk langsung diproses. Dengan pengajuan online paling tidak nantinya Anda tak memakan waktu yang lama dalam pemrosesannya.
  8. Tunggu konfirmasi lanjutan dari pihak bank apakah pengajuan diterima atau tidak, jika seandainya diterima, maka uang nantinya juga akan langsung cair di rekening Anda.

Mudah bukan mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan ke bank, dengan adanya fiture online ini kian mempermudah kerja Anda. Karena pengajuan pinjaman bisa dilakukan dari rumah, proses lanjutan tidak memakan terlalu banyak waktu, apalagi bagi Anda yang sibuk.