Pinjaman Kilat dengan KTA Ada Kerugiannya! Cek Disini!

Melakukan kredit menjadi pilihan terakhir untuk mendapatkan sesuatu hal yang diinginkan, misalnya untuk membayar biaya sekolah. Salah satu jenis kredit yang bisa dipilih adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Jenis kredit tanpa jaminan ini dipilih karena tidak perlu menyiapkan jaminan sehingga prosesnya lebih cepat dibandingkan kredit dengan jaminan walaupun besar limit yang bisa dipinjam lebih sedikit. Akan tetapi, kesalahan pinjaman kilat lewat KTA berikut ini harus dihindari agar tidak merugikan diri kamu dan orang lain.

Cara mengetahui kerugian pinjaman dengan KTA

Pertama adalah tidak membandingkan terlebih dahulu. Sebelum memilih KTA yang tepat maka Kamu harus membandingkannya dahulu untuk melihat jenis KTA mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya melihat perbandingan mengenai besar limit yang bisa dipinjam baik jumlah minimal dan maksimal, lama peminjaman, besar bunga yang dibebankan kepada Kamu, persyaratan yang diberikan, resiko yang harus ditanggung jika terlambat ataupun tidak bisa membayar cicilan sesuai dengan waktu yang diberikan.

Kedua adalah meminjam untuk orang lain. Mungkin karena alasan kemanusiaan, kekeluargaan atau pertemanan sehingga membuat Kamu mau membantu untuk meminjam uang ke kreditor yang melayani pembiayaan tanpa agunan tersebut. Akan tetapi, dengan meminjamkan uang dengan nama Kamu padahal bukan Kamu yang menggunakan ataupun harus mengembalikan pinjaman, namun kreditor akan tetap menganggap Kamu sebagai yang meminjam atau debitor. Sehingga jika ada sesuatu yang merugikan, misalnya tidak mengembalikan pinjaman sesuai dengan waktunya, maka yang akan dicari kreditor adalah Kamu dan yang menanggung kerugian adalah Kamu apalagi jika bunga yang dibebankan tinggi.

Baca juga: Syarat Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

Ketiga adalah tidak berfikir panjang sebelum meminjam. Pinjaman kilat biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi dalam waktu yang singkat atau urgent. Karena hal tersebut umumnya, debitor akan langsung mengajukan pinjaman tanpa persiapan yang matang sehingga menyebabkan Kamu harus menanggung kerugian tertentu karena kesalahan pemilihan kredit tanpa agunan tersebut. Hal tersebut disebabkan KTA termasuk kredit dengan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit dengan agunan dan besar cicilan yang harus dibayarkan akan semakin tinggi jika bunga yang dibebankan juga tinggi. Jika Kamu tidak memiliki persiapan misalnya pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan KTA, hutang yang Kamu miliki bisa menumpuk, bisa karena meminjam lagi ke tempat lain untuk menutup hutang yang lain atau hutang yang semakin menumpuk karena besar bunga yang dibebankan.

Keempat adalah mengabaikan fine-print. Fine-print merupakan tulisan kecil yang biasanya ada di bagian belakang formulir pinjaman. Pada fine-print biasanya terdapat informasi penting seputar pinjaman tersebut misalnya suku bunga yang digunakan, ketentuan mengenai perubahan kondisi pinjaman atau yang lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Kamu baca dan pahami fine-print tersebut terlebih dahulu sebelum Kamu mengajukan kredit dan menandatangani formulir pengajuan kredit.

Kesalahan yang lainnya terkait dengan pinjaman kilat dengan menggunakan KTA, adalah:

  • Dokumen yang dilampirkan tidak lengkap. Masing-masing tempat yang memiliki produk kredit tanpa agunan memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda satu sama lain sehingga pastikan jika persyaratan tersebut sesuai dengan S&K yang ditetapkan.
  • Menuliskan data yang tidak benar misalnya nomor kontak. Kevalidan data dan kejujuran debitor akan sangat berpengaruh pada penilaian debitor apakah akan menerima dan menyetujui kredit tersebut atau tidak. Data yang tidak benar bisa membuat Kamu terseret ke pengadilan karena kasus penipuan apalagi jika berkaitan dengan perbankan.

Leave a Reply