Kerja Freelance: Harus Kamu Coba!

Kerja freelance atau kerja sampingan biasanya banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel. Kerja sampingan bisa dimanfaatkan untuk sekedar menambah penghasilan, menambah pengalaman, menabung untuk masa depan, hingga mengisi kekosongan di waktu luang. Freelancer atau pekerja lepas biasanya bekerja tanpa terikat kontrak panjang. Biasanya mereka harus memiliki ketrampilan khusus yang dibutuhkan untuk proyek tertentu. Pekerjaan freelance kebanyakan sering diidentikkan dengan bekerja di rumah dan dimana saja dengan lebih fleksibel. Yang mana tidak seperti pekerjaan pada umumnya yang harus datang ke tempat kerja. Namun hal ini juga berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, yang mana disesuaikan oleh si pemberi kerja.

Pekerjaan freelance hampir seperti pekerjaan part time, dimana sama-sama bisa dikerjakan di waktu luang. Saking fleksibelnya, pekerjaan freelance tidak hanya bisa dikerjakan dimanapun yang mereka mau tapi juga bisa dikerjakan di waktu apapun, mau pagi hari, malam hari, dlsb asalkan deadline yang ditentukan bisa terpenuhi. kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan dengan sebebasnya namun bertanggung jawab. Mau mengerjakan di ruang tamu, teras rumah, di kamar, atau di kafe maupun restoran juga tidak masalah.



Bekerja secara freelance sangat cocok dilakukan untuk mereka yang memiliki beberapa waktu luang yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja kantor dengan jam kerja yang fleksibel, dslb bisa menjalankan pekerjaan freelance disela-sela waktu luang mereka. kamu bisa mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan bakat, minat, ataupun ketrampilan khusus yang kamu miliki. Sehingga selain bisa menyalurkan kemampuan yang dimiliki, bisa turut mendongkrak ekonomi keuangan kamu. Beberapa pekerjaan freelance yang cukup banyak dilakukan, seperti freelance desain grafis, content writer, programmer, jualan online, fotografer, fashion designer, dan masih banyak lagi.

Memang kebanyakan lowongan pekerjaan freelance mengkamulkan keterampilan khusus, namun ada juga kerja freelance yang bisa dipelajari dari awal. Sehingga bisa digunakan sebagai sarana belajar sekaligus menghasilkan uang. Bahkan diantaranya bisa melatih untuk berwirausaha, seperti contoh pekerjaan freelance jualan online lewat dropship, freelance les privat mata pelajaran anak sekolah, dlsb. Jika kamu cukup ragu untuk mengambil pekerjaan freelance disela-sela waktu longgar kamu, maka kamu perlu mengetahui alasan-alasan kenapa mengambil pekerjaan freelance tak seburuk yang kamu kira. Berikut diantaranya:

1. Lebih bebas berkreasi

Beberapa pekerjaan freelance biasanya dituntut mengkamulkan keterampilan tertentu, sehingga jika kamu belum bekerja atau sudah bekerja namun belum di jalur yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, maka lewat kerja freelance yang kamu tekuni bisa berkreasi dan mengembangkan kemampuan. Seperti misalnya freelance programmer, desain grafis, fashion designer, dlsb. Bahkan beberapa diantara mereka kadang menemukan oase yang dicari-cari selama ini lewat pekerjaan freelance yang mereka kerjakan.

2. Penghasilan tambahan maupun sampingan

Terkadang ada beberapa orang yang memiliki pekerjaan utama namun penghasilan yang didapatkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga memiliki pekerjaan sampingan atau freelance bisa menjadi solusi untuk menambah penghasilan. Namun hal ini tidak selalu terjadi demikian untuk banyak orang. Terkadang mereka perlu memiliki penghasilan sampingan dari freelance yang mereka ambil agar bisa menabung untuk masa depan. Terlepas dari motif apapun itu, pastikan kamu memiliki waktu luang atau pengaturan waktu yang fleksibel untuk mengerjakan pekerjaan sampingan kamu.

3. Membuka pilihan karir baru

Freelance bisa menjadi persiapan sebelum kamu memulai karir profesional kamu di masa depan. Bagi mereka yang sigap dan mau belajar hal-hal baru, maka tidak ada yang tidak mungkin. Di awal-awal mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan karena masih dalam proses adaptasi. Namun jika kamu cukup gigih dan tekun dalam belajar, tidak menutup kemungkinan di suatu hari nanti pekerjaan freelance yang kamu tekuni membuat daftar klien-klien baru dan perlahan menjadi bidang karir yang bisa ditekuni.

4. Bisa bekerja dari rumah

Dari banyaknya alasan mengapa banyak yang menyukai pekerjaan freelance, salah satunya karena bisa dikerjakan dari rumah. Sehingga sangat efisien karena tidak harus pulang pergi ke tempat kerja seperti pada umumnya. Sangat cocok untuk dilakukan para ibu rumah tangga yang memiliki kewajiban mengurus rumah namun juga ingin mengisi kekosongan waktu.

5. Menambah keahlian

Dari bekerja freelance kamu akan mendapatkan keahlian baru. Keahlian ini nantinya bisa kamu pergunakan untuk melamar pekerjaan lain yang kamu sukai. Biasanya orang-orang yang memiliki keahlian beragam bisa lebih mudah diterima di tempat kerja.

6. Bisa menjadi batu loncatan

Jika pekerjaan utama kamu saat ini belum sesuai dengan minat serta ketrampilan yang kamu miliki dan malah dari pekerjaan freelance minat dan ketrampilan yang dimiliki bisa tersalurkan. Maka nantinya pekerjaan freelance tersebut bisa kamu jadikan batu loncatan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

7. Bisa memperluas koneksi

Dengan melakukan kerja freelance, kamu juga bisa mendapatkan koneksi yang luas. Bukan tidak mungkin kamu nantinya juga akan bertemu dengan orang-orang baru dengan latar belakang yang beragam.

Leave a Reply