Kelebihan dari Asuransi Syariah yang Wajib Kamu Ketahui

Asuransi adalah salah satu bentuk produk keuangan atau jaminan yang ditawarkan kepada masyarakat dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya. Tetapi jika melihat didalamnya ada beberapa hal yang ternyata sulit sekali dipahami dalam ilmu islam. Itulah kenapa muncul asuransi syariah yang metode atau sistem kerjanya lebih identik dengan produk muslim. Nah, bagi kamu yang memang enggan menggunakan asuransi konvensional karena sistem kerja yang masih kurang sesuai dengan islam bisa memilih dengan sistem syariah.

Secara umum asuransi mempunyai cara kerja sama dengan jaminan kesehatan dari pemerintah, tetapi yang membedakan adalah asuransi langsung dari suatu perusahaan tetapi untuk jaminan pemerintah memang program untuk seluruh masyarakat. Meskipun lebih menggunakan prinsip syariah tetapi asuransi islam tersebut bisa digunakan oleh siapa saja, baik itu islam ataupun non islam. Banyak hal yang bisa kamu jadikan alasan kenapa asuransi dalam prinsip syariah lebih baik untuk dijadikan pertimbangan dari pada konvensional. Untuk masyarakat muslim sudah tentu dan jelas alasan agama yang paling utama.

Diluar dari beberapa hal agama yang menyangkut pada sistem asuransi muslim , ada banyak yang sangat menarik untuk dijadikan pertimbangan. Bisa dikatakan ini merupakan kelebihan sistem syariah dari pada sistem konvensional. Berikut ini ada beberapa hal tersebut yaitu:

1. Dana premi dapat cair

Banyak masyarakat yang sering mengeluhkan karena merasa merugi ketika dana premi yang diangsur setiap bulannya ternyata tidak bisa dicairkan ketika tidak terjadi sesuatu hal. Meskipun itu ada dalam perjanjian awal tetapi seakan-akan sangat merugikan sekali bagi masyarakat. Hal itu tidak terjadi pada jenis asuransi sistem syariah, sekalipun tidak terjadi suatu hal yang buruk terjadi pada kamu tetap bisa dicairkan. Jadi pada intinya premi atau uang yang dari nasabah bukan menjadi hak milik dari perusahaan. Tetapi jika memang ada tujuan untuk menghibahkan tetap bisa dilakukan.

2. Prinsip saling membantu

Jika kamu mempelajari lebih dalam mengenai prinsip kerja yang ada pada asuransi islam pasti akan melihat adanya saling membantu. Hal itu mungkin tidak akan kamu dapatkan ketika menggunakan asuransi konvensional yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan atau kerugian. Jadi antara nasabah satu dengan lainnya itu ada saling membantu dengan perantara asuransi tersebut.


3. Lebih transparan

Kelebihan selanjutnya adalah dalam sistem asuransi islam tersebut selalu melakukan metode kerja secara transparan. Jadi antara pengguna asuransi syariah dengan perusahaan tidak ada yang ditutupi. Baik itu dari polis, premi, keuntungan ataupun perhitungan yang lain didalam sistem tersebut. Jadi pihak asuransi tidak hanya melulu mengejar keuntungan dari pihak nasabah tetapi lebih kepada kebaikan bersama.

4. Sama-sama untung

Prinsip dalam asuransi islam selanjutnya adalah sama-sama untung antara nasabah dan juga perusahaan. Maka dari itu petugas akan memberikan berbagai penjelasan secara gambling terhadap nasabah supaya tidak ada yang merasa dirugikan satu dengan yang lainnya. Jika memang ada yang belum dimengerti ataupun ingin diketahui, nasabah bisa menanyakan secara detail hal tersebut. Apalagi mengenai cara kerja atau pengolahan dana yang ada pada tempat tersebut.

5. Dibawah pengawasan langsung

Dalam sistem syariah, ada suatu lembaga khusus yang memang membawahi atau mengawasi segala aktivitas yang ada didalamnya. Hal ini sudah secara otomatis tidak bisa melakukan hal-hal yang diluar dari kendali atau prinsip syariah. Kehalalan akan sangat terjamin jika memang pengawasan yang dilakukan secara langsung melihat perizinan dan kerja operasional perusahaan asuransi tersebut.

6. Sifat umum

Seperti yang telah dikatakan diatas jika memang asuransi tersebut mempunyai sifat yang umum, artinya dapat digunakan oleh siapa saja dan kapan saja. Jadi meskipun segala hal menggunakan prinsip syariah tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh mereka yang non-islam.

Itulah sedikitnya ada 6 hal yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan penting untuk memilih apakah asuransi tersebut baik untuk kamu atau tidak. Secara umum memang setiap manusia mempunyai pkamungan ataupun persepsi yang berbeda-beda. Tetapi yang perlu kamu garis bawahi dalam mencari perusahaan asuransi yang baik adalah manfaat dan juga keuntungan yang kamu dapatkan, baik itu konvensional ataupun asuransi syariah. Jangan sampai kamu menggunakan asuransi tetapi justru merugi akibat kurang pahamnya dari sistem kerja yang ada didalam.

Disini bukan berarti asuransi konvensional tidak boleh kamu pilih, hanya saja jika ada yang lebih baik dan menguntungkan kenapa tidak. Meskipun dipasaran ada banyak sekali nama perusahaan asuransi syariah dan konvensional tetapi kamu perlu lebih cermat lagi dalam memilih. Jangan lupa untuk melakukan berbagai pertimbangan-pertimbangan penting sebelum akhirnya menunjuk satu perusahaan yang paling terbaik untuk kamu dan juga keluarga. Bagaimana, masih belum bisa menentukan mana perusahaan asuransi yang paling tepat dan terbaik?

Leave a Reply