Kelebihan dan Kekurangan: Asuransi Kesehatan Murni

Di zaman yang semakin modern ini banyak masyarakat yang sudah mulai menyadari pentingnya arti kesehatan. Seperti yang kita ketahui kesehatan itu sangat mahal harganya. Sehingga masyarakat yang sudah berpikiran maju seperti sekarang ini sudah mulai memperhatikan kesehatan dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Namun apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Kita juga harus melakukan proteksi dari segi finansial untuk mengantisipasi jika di masa mendatang tiba-tiba terserang suatu penyakit. Meskipun saat ini kamu merasa badan masih sehat dan bugar namun kondisi badan sehat atau tidak di masa mendatang tidak ada yang tahu. Dengan melindungi dari sisi finansial, maka kamu termasuk peduli pada diri sendiri maupun orang-orang terdekat. Mengingat penyakit terkadang bisa muncul secara tiba-tiba. Sehingga perlindungan dari sisi finansial akan membantu menyelesaikan urusan biaya berobat dan proteksi dini. Jika kamu juga berpikiran hal yang sama demikian, maka kamu bisa memilih dan memiliki produk asuransi kesehatan sebagai bagian proteksi dari sisi finansial. Ada dua jenis asuransi yang populer di Indonesia, yaitu asuransi kesehatan unit link dan asuransi kesehatan murni.

Kedua asuransi tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama untuk premi yang harus dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi. Untuk asuransi unit link, merupakan tipe asuransi kesehatan modern di Indonesia memberikan penawaran asuransi jiwa sekaligus investasi. Karena adanya penambahan layanan investasi, secara otomatis jumlah premi asuransi yang harus dibayar oleh pihak tertanggung lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi murni. Mayoritas pengikut asuransi kesehatan unit link adalah mereka yang tergabung dalam sebuah perusahaan maupun instansi-instansi pemerintah bahkan swasta.



Sedangkan untuk asuransi kesehatan murni itu sendiri sesuai dengan namanya merupakan jenis produk asuransi yang benar-benar murni berkutat pada masalah kesehatan saja dan bukan sebagai alat investasi atau yang bisa dikatakan profitable. Jenis asuransi yang satu ini memberikan keuntungan tersendiri, diantaranya adalah program asuransinya merupakan program berjangka yakni tahunan. Jika kamu cocok dan nyaman dengan asuransi murni, maka kamu bisa meneruskannya sampai batas yang sesuai dan tertera dalam kontrak dan melakukan renew. Sedangkan jika kamu tidak cocok, kamu bisa memberhentikan layanan asuransi hingga masa berlakunya berakhir. Hal ini bisa memberikan kesempatan pada kamu untuk bisa melihat dan menikmati layanan asuransi sebelum memutuskan ingin melanjutkan atau tidak program asuransi kamu. Hal baik lainnya asuransi murni memiliki jumlah besaran premi yang lebih rendah dan fleksibel karena tidak memiliki unsur menyimpan atau menabung dalam program asuransinya.

Kebanyakan banyak yang lebih cenderung memilih jenis asuransi murni karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah premi yang harus dibayarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan masing-masing pengguna.
  2. Jika memiliki asuransi kesehatan murni cashless sebagai metode pembayarannya, maka kamu hanya perlu menunjukkan kartu asuransi pada pihak rumah sakit rekanan perusahaan tersebut tanpa perlu membayar biaya sedikitpun.
  3. Selain cashless, kamu juga bisa menggunakan sistem klaim yang lainnya dengan reimburse yang mana nasabah membayar terlebih dahulu pada pihak rumah sakit baru kemudian meminta biaya pertanggungjawaban pada perusahaan asuransi.
  4. Mampu melindungi seluruh anggota keluarga dari yang masih berusia bayi hingga manula.
  5. Mendapatkan jaminan biaya perawatan serta pengobatan gratis, termasuk di dalamnya rawat inap, obat gratis, rawat jalan, operasi, dsb.
  6. Biaya premi yang terbilang terjangkau karena berdiri sendiri tanpa adanya penambahan unit-unit lain dan investasi.
  7. Adanya santunan sebagai jaminan jika salah satu anggota keluarga ada yang meninggal karena sakit tertentu.
  8. Asuransi murni biasanya memprioritaskan untuk rawat inap di rumah sakit karena biaya rumah rawat inap jauh lebih mahal dibandingkan rawat jalan.
  9. Program asuransinya berjangka yakni tahunan, sehingga jika kamu cocok bisa terus melanjutkan. Namun jika tidak cocok kamu bisa berhenti setelah selesai jatuh temponya.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun ada asuransi murni juga memiliki beberapa kekurangan tersendiri. Adapun kekurangan dari asuransi ini yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Karena periode polis yang sifatnya berjangka tahunan, maka pihak asuransi memiliki hak untuk tidak memperpanjang polis kesehatan asuransi. Hal ini bisa dikarenakan pihak tertanggung secara tiba-tiba menderita penyakit akut berkepanjangan yang beresiko tinggi. Sehingga memungkinkan polis tidak disetujui oleh perusahaan asuransi untuk diperpanjang. Atau bisa juga premi yang harus dibayarkan mengalami kenaikan pada periode polis di tahun berikutnya sebagai bagian dari imbasnya.
  2. Tidak adanya nilai investasi, karena premi akan hangus walaupun ada maupun tidaknya adanya klaim.
  3. Ada batasan maksimal klaim per tahunnya.
  4. Harga premi tiap tahun akan mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya usia.
  5. Harga premi bisa sangat mahal jika sekaligus mengambil rawat inap, rawat jalan, gigi, juga persalinan.
  6. Santunan untuk meninggal dunia memiliki nilai yang sedikit.
  7. Tidak membayarkan santunan tunai jika mengalami sakit kritis dan cacat total.
  8. Jika ingin mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan murni cashless di rumah sakit jaringan atau rekanan, diharuskan membayarkan premi langsung bayar 1 tahun minimal 6 bulan terlebih dahulu.

Leave a Reply