Jenis Pinjaman Uang dari Bank dan Karakteristiknya

Ada banyak faktor yang membuat seseorang harus mengajukan pinjaman uang, diantaranya karena kesulitan ekonomi keluarga, juga faktor lainnya ingin membeli sesuatu, namun uang tak cukup, misalnya adalah mobil ataupun rumah. Hingga yang paling banyak terjadi adalah mereka yang ingin membangun sebuah usaha, namun terkendala masalah modal. Apapun jenis usahanya tak bisa dipungkiri jika seandainya modal jadi bagian pertama yang harus dimiliki. Jika tak ada modal, secara otomatis nantinya Anda juga akan kesulitan untuk menjalankan bisnis, meskipun ada bidang-bidang usaha tertentu yang dapat dijalankan tanpa modal, namun harus dimulai benar-benar dari bawah.

Anda yang mengalami masalah karena faktor modal usaha ini juga tak perlu khawatir, mengingat ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman uang, apalagi sekarang ini banyak sekali diantara lembaga-lembaga keuangan atau yang dikenal juga sebagai bank yang menawarkan beragam jenis produk menarik berkaitan dengan pinjaman uang yang tentunya bisa Anda coba.



Baca juga: Ingin Cari Uang Tambahan? Cek Disini!

Sebelumnya patut untuk mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum memutuskan pinjam uang ke lembaga keuangan tersebut, agar tidak menyesal atau merasa dirugikan kedepannya, diantaranya adalah:

1. Jumlah yang harus Anda pinjam

Sebelumnya sangat penting untuk menghitung atau kalkulasikan terlebih dahulu besaran uang yang harus dipinjam, sehingga nantinya jumlah hutang tidak melebihi nilai yang sudah ditentukan, bahkan jika bisa harus kurang dari itu, karena semakin tinggi nilainya, beban akhirnya yang jadi semakin berat. Untuk itu paling aman memang dengan menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan.

2. Cek dulu suku bunga yang ditawarkan

Sebenarnya hal-hal yang berkaitan dengan suku bunga ini sendiri pastinya bukanlah sesuatu yang baru untuk sebuah lembaga keuangan, karena pada dasarnya setiap transaksi akan mengandung yang namanya bunga, entah itu pinjaman atau sebaliknya yaitu tabungan. Bedanya untuk pinjaman ini beban bunga akan diberikan kepada debitur, jadi nilai bunga harus ditambahkan dengan jumlah hutang tersebut, terkadang kenanya jauh lebih mahal dari hutang aslinya.

3. Kredibitas dari bank yang bersangkutan

Faktanya semakin banyaknya lembaga keuangan yang tersedia, ada kian banyak pilihan bagi masyarakat dan terkadang agak membingungkan menentukan mana yang paling tepat. Caranya mudah, cukup dengan melihat kredibilitas atau tingkat kepercayaan nasabah dan juga debitur terhadap lembaga tersebut, cari yang memiliki track record baik dan juga bebas dari masalah.

4. Ketahui juga jenis pinjaman yang diinginkan

Jika berbicara mengenai ragam pinjaman di bank tentunya ada begitu banyak, setiap jenis produk pinjaman uang tersebut memiliki ragam jenis dan juga syarat ketentuan yang berbeda-beda, sehingga terkadang harus menyesuaikan dengan kondisi sendiri sebelum memutuskan untuk berhutang.

Berikut ini diantara jenis-jenis pinjaman dana dari bank yang harus Anda ketahui begitu juga dengan karakteristiknya, yaitu:

a. Kredit multiguna

Istilahnya adalah pinjaman uang berjaminan atau biasa disingkat dengan KMG, produk yang satu ini seperti namanya adalah jenis pinjaman dana yang diwajibkan untuk menyertakan adanya sebuah jaminan, jaminan tersebut bentuknya juga sangat beragam, diantaranya adalah dalam bentuk surat-surat harta seperti diantaranya adalah tanah, kemudian juga bisa dalam bentuk lainnya layaknya kendaraan dan sejenisnya, inilah yang akan dinilai untuk menentukan jumlah dana yang bisa dipinjam dari bank.

b. Kredit tanpa agunan

Kebalikan dari kredit multiguna, maka ada jenis lain yaitu KTA, KTA ini nyatanya memang paling banyak diincar oleh masyarakat, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang syarat untuk meminjam uang kesini tak harus menyertakan adanya barang jaminan, sehingga bagi sebagian orang hal ini dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan yang lainnya, namun jangan buru-buru ambil karena ada ketentuan lain yang berlaku, contohnya adalah harus memiliki kartu kredit dari bank yang bersangkutan agar bisa mendapatkan pinjaman tersebut.

c. Kredit modal usaha

Jenis yang paling cocok untuk Anda dengan masalah kekurangan dana dalam menjalankan bisnis, kredit yang satu ini secara khusus memang ditawarkan kepada mereka yang ingin mendapatkan bantuan modal usaha, berdasarkan dengan rincian atau proposal bisnis yang sudah dibuat sebelumnya, nilai besar kecilnya menyesuaikan dengan kebutuhan.

d. Kredit pemilikan rumah

KPR adalah produk pinjaman khusus yang diberikan untuk pembiayaan pembelian sebuah rumah, tidak semua bank menawarkan produk yang satu ini, biasanya khusus untuk bank-bank tertentu saja, tenor atau jangka waktunya lebih panjang, namun nilai suku bunganya juga agak besar.

e. Kredit pemilikan kendaraan

Produk khusus untuk mereka yang ingin membeli kendaraan, namun terbatas dalam hal dana, sehingga sisa dari uang yang dibayarkan ke dealer nantinya adalah pinjaman dari bank. Sehingga untuk pembayarannya nanti juga harus diangsur ke bank yang bersangkutan.

Penting mengenal beragam jenis pinjaman uang bank ini sehingga nantinya Anda bisa lebih selektif dalam memilih produk yang tepat.

Leave a Reply