Hindari Butuh Dana Cepat Agar Tidak Menambah Hutang

Banyak alasan dimana dana cadangan yang dimiliki tidak bisa mencukupi atau tidak bisa memenuhi kebutuhan tertentu. Untuk memperoleh dana tambahan bisa menggunakan cara menjual barang yang dimiliki namun masih layak pakai, meminjam ke keluarga atau dengan meminjam ke kreditor. Akan tetapi, untuk mengajukan pinjaman karena butuh dana cepat hindari untuk melakukan pinjaman karena alasan berikut ini. Hal tersebut disebabkan karena jika Anda melakukannya bisa membuat hutang Anda menjadi semakin menumpuk dan hal tersebut bisa membuat Anda merugi.

Pertama adalah menghutang untuk memenuhi gaya hidup. Jika Anda hanya ingin berhutang hanya karena ingin memenuhi gaya hidup, Anda tidak akan pernah puas. Hal tersebut disebabkan barang mewah untuk melengkapi gaya hidup tersebut memiliki harga yang tinggi sedangkan banyak barang yang tentunya diinginkan agar memiliki kehidupan yang tampak lebih mampu atau berkelas. Akan tetapi, jika hanya memikirkan cara untuk membeli barang mewah maka Anda tidak bisa menutup cicilan yang harus anda bayarkan dari peminjaman yang Anda lakukan dan hal tersebut akan membuat Anda memiliki hutang yang akan terus menumpuk.

Kedua adalah asal meminjam. Tidak sedikit orang yang tertarik untuk melakukan peminjaman hanya karena ada pihak atau orang atau teman yang menawarkan kepada Anda peminjaman dengan dana tertentu tanpa syarat atau resiko yang tinggi. Walaupun Anda mengira jika hal tersebut tidak masalah karena menganggap hal tersebut tidak membebani Anda namun jika Anda melakukan hal tersebut dengan jumlah yang banyak dan sering, lama kelamaan akan membuat Anda memiliki hutang yang semakin besar.

Ketiga adalah berhutang dengan bunga yang besar. Ketika seseorang dihadapkan dengan kondisi butuh dana cepatsebagian besar orang tidak akan memikirkan secara jangka panjang mengenai pertimbangan tertentu misalnya berapa bunga yang harus ditanggung nantinya setelah meminjam uang tersebut. Hasilnya, Anda harus menanggung cicilan yang harus dibayarkan dengan biaya yang besar walaupun Anda meminjam uang dengan jumlah yang kecil. Salah satu kreditor yang harus dihindari adalah rentenir karena menawarkan pinjaman dengan jumlah bunga yang besar.

Keempat adalah karena alasan ingin menutup hutang yang lain. Cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat untuk bisa menutup hutang yang satu dengan hutang yang lain misalnya saja untuk mengatasi hutang kartu kredit. Cara ini bisa dilakukan tanpa membuat Anda harus menanggung beban biaya yang lebih tinggi akan tetapi jika dilakukan tanpa adanya perencanaan yang baik, bisa menyebabkan Anda menanggung hutang dalam jumlah yang besar terlebih sebelum hutang yang digunakan untuk menutup hutang sebelumnya belum selesai, Anda melakukan hutang lagi.

Kelima adalah hutang yang dipergunakan untuk keperluan yang tidak perlu. Biasanya hutang ini dilakukan oleh orang yang suka berfoya-foya atau suka kesenangan. Walaupun Anda mengira sedang butuh dana cepat untuk kebutuhan tertentu namun pertimbangkan juga jenis kebutuhan tersebut, apakah benar-benar mendesak atau hanya untuk kesenangan pribadi. Namun, jika Anda sudah mendapatkan dana yang Anda butuhkan, hal yang harus anda lakukan agar hutang Anda tidak menumpuk tinggi adalah segera mengembalikan cicilan sesuai waktu yang ditentukan. Umumnya, jika Anda terlambat mengembalikan dana yang dipinjam tersebut Anda akan menanggung biaya keterlambatan sehingga akan membuat cicilan yang harus dibayarkan menjadi besar. Anda bisa mengakalinya dengan mencatat hutang Anda dan kemudian diurutkan hutang mana yang cicilannya lebih besar dengan waktu jatuh tempo yang lebih singkat untuk dibayarkan hutangnya.