Daftar Produk Perbankan Beserta Manfaatnya

Bank mempunyai tugas utama yaitu menghimpun dana, menyalurkan dan juga menyediakan berbagai layanan jasa bagi masyarakat yang bertujuan untuk memajukan perekonomian. Dari fungsi utama tersebut akhirnya banyak sekali produk perbankan yang diciptakan sebagai penunjang. Sebagai salah satu nasabah kamu bisa memanfaatkan salah satu dari banyaknya produk yang ditawarkan tersebut. Tetapi terkadang karena kurang pahamnya seseorang sehingga tidak bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari produk yang digunakan.

Setiap produk yang dikeluarkan oleh bank pasti mempunyai karakteristik masing-masing, artinya kamu bisa menentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Inilah alasan kenapa penting sekali kamu mengetahui daftar dari produk yang dikeluarkan oleh bank dan juga manfaat masing-masing produknya. Setelah kamu mengetahui satu persatu pasti akan lebih mudah mendapatkan produk mana yang paling cocok untuk kamu gunakan. Hal itu tidak terlepas dari resiko yang mungkin saja bisa kamu dapatkan dari pemakaian produk tersebut.



Jika harus didaftar ada banyak sekali produk yang ditawarkan oleh bank kepada setiap nasabahnya. Pada artikel ini hanya akan membahas mengenai produk yang paling sering digunakan oleh masyarakat seperti:

1. Tabungan

Ini merupakan salah satu kegiatan keuangan yang ditawarkan oleh bank dengan berbagai kelebihan yang ada didalamnya. Tabungan sendiri menjadi sangat dekat sekali di masyarakat karena menjadi salah satu produk yang banyak digunakan. Bahkan semakin kesini banyak sekali perkembangan yang dilakukan seperti tabungan haji, tabungan berjangka, tabungan rencana, tabungan rumah dan lainnya. Untuk produk satu ini memang dinilai menjadi wadah penyimpanan uang yang cukup aman bagi masyarakat.

2. Giro

Mungkin masih banyak yang belum memahami dengan baik apa perbedaan dari tabungan dan juga giro. Untuk kamu yang menganggap sama itu sangat salah, perbedaan itu bisa dilihat dari beberapa karakteristik seperti jenis nasabah, jenis penarikan, ataupun manfaat yang didapatkan. Meskipun secara umum produk perbankan satu ini hampir sama dengan produk tabungan yaitu menyimpan harga di bank.

3. Deposito

Ada lagi produk yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat yaitu deposito. Hal yang cukup membedakan antara produk satu ini dengan jenis sebelumnya adalah jangka waktu yang dimiliki untuk pencairan. Umumnya deposito adalah tabungan berjangka, jadi ketika kamu melakukan pengambilan dalam waktu yang belum ditentukan pasti akan mendapatkan pinalti atau pemotongan dari dana yang kamu miliki tersebut.

4. Kredit

Bisa dikatakan ini merupakan salah satu fungsi bank dengan manfaat besar bagi masyarakat secara umum. Jadi dengan produk satu ini kamu akan lebih leluasa lagi untuk membeli ataupun membayar sesuatu dalam jangka waktu tertentu. Didalam produk ini tidak terlepas dari adanya jangka waktu, bunga kredit, jaminan, biaya administrasi dan lainnya.

5. Layanan jasa

Masih dengan bentuk layanan terbaiknya untuk masyarakat, setiap bank memberikan layanan jasa yang bisa kamu manfaatkan secara maksimal. Hal ini bisa berupa pembelian, pengiriman uang, pembayaran sampai dengan penagihan uang ataupun barang. Contoh secara nyata yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah pembayaran asuransi, pembayaran tagihan listrik, internet, telephone ataupun lainnya yang didukung dengan ATM, SMS banking, mobile banking dan lainnya.

Diatas adalah beberapa layanan serta produk yang diberikan oleh bank kepada setiap nasabahnya. Semakin kesini produk-produk tersebut terus mengalami perkembangan dan inovasi yang lebih baik lagi. Namun sebagai nasabah kamu tetap harus lebih selektif ketika memilih produk yang akan digunakan, hal ini tentu saja mengurangi resiko yang mungkin saja muncul akibat kurangnya pertimbangan sebelum membeli. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan yaitu:

  • Pahami tujuan

kamu pertama kali harus memahami tujuan seperti apa yang akan kamu inginkan, misalnya saja untuk mendapatkan keuntungan atau bunga besar dalam jangka panjang, atau yang lain. Dengan menentukan diawal kamu akan lebih mudah juga memilih produk yang paling tepat untuk digunakan.

  • Lihat karakteristik produk

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya itu adalah melihat karakteristik dari produk apakah memang sudah sesuai dengan keinginan dan tujuan kamu atau belum. Hal ini pasti akan menjadi hal paling penting karena jika tidak sesuai pasti akan menimbulkan masalah.

  • Pahami resiko

Yang terakhir kamu harus memahami resiko yang bisa saja diterima, ini maksudnya kamu sudah siap apa yang terjadi jika memilih produk tersebut.

Dengan 3 pertimbangan diatas bukan tidak mungkin akan membantu kamu mendapatkan produk yang tepat. Manfaatkan sebaik mungkin produk dan layanan jasa yang diberikan oleh bank kepada para nasabahnya. Tetapi kamu sebagai pengguna tetap harus mengontrol diri, karena menggunakan produk perbankan tanpa adanya pengontrolan yang tepat pasti akan berimbas menjadi boomerang pada diri kamu sendiri. Misalnya ketika menggunakan kartu kredit, jika pemakaian tidak dikontrol pasti akan menimbulkan masalah ketika harus melunasi.

Leave a Reply