Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar dan Perlu Kamu Ketahui

Kartu kredit yang sekarang bukan menjadi hal yang mewah lagi dikalangan masyarakat, dikarenakan ini sebagai bentuk berkembangnya diera jaman modern, Banyak orang yang mengenal kartu ini dan ada yang memiliki tetapi tidak sepenuhnya mengenal latar belakang kegunaannya. Tidak semua orang sukses bisa atau seenaknya dengan cara menutup kartu kredit, jika tidak menggunakan prosedur yang ditentukan, Banyak alasan para penggunanya untuk menutup kartu kredit ini dikarenakan adanya beberapa faktor.

Untuk kalian yang ingin menutup kartu kredit, ada beberapa prosedur atau langkah yang benar agar tidak terjadi masalah yang mungkin bisa salah melangkah, banyak cara yang dilakukan seseorang menutup kartu kredit akan tetapi tidak semua orang melakukan langkah menutup nya dengan benar sehingga kartu kredit yang dia buat masih terkena tagihan, Berikut ini adalah cara menutup kartu kredit yang benar:

  • Melunasi seluruh tagihan

Hal yang wajib anda lakukan adalah dengan cara melunasi semua bentuk tagihan, jika diketahui kartu kredit anda masih mempunyai tagihan pasti kartu kredit itu tidak bisa ditutup, biasanya tunggakan yang menjadi beban pengguna kartu kredit adalah membayar biaya tahunan, bila ini menjadi beban anda bisa mengalihkan tunggakan ke kartu kredit yang lain yang pastinya anda memilih yang suku bunga nya terendah agar tidak menjadi beban untuk mencicil tunggakan, akan tetapi jika anda memindahkan tagihan seperti ini anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 1-5% dari total tagihan yang dialihkan, jika cara ini menyulitkan anda bisa menghubungi customer service bagian kartu kredit untuk bertanya tentang pemindahan tagihan ke kartu kredit lainnya.

  • Membaca peraturan di dokumen kartu kredit

Diharapkan anda lebih teliti untuk membaca ketentuan apa saja dalam menutup kartu kredit, dan anda perhatikan berapa denda yang harus anda bayar ketika kartu kredit anda akan ditutup, karena kartu kredit yang berusia muda atau baru saja anda buat akan terkena denda yang lebih kecil dikarenakan penutupan umur kartu kredit dalam waktu yang pendek.

  • Membatalkan semua pembayaran yang secara otomatis

Hampir semua metode pembayaran cicilan biasanya secara otomatis di kartu kredit, karena kartu kredit adalah alat paling praktis untuk membayar cicilan seperti BPJS, Pulsa listrik dan lainnya. Dikarenakan cara ini paling efektif untuk mempermudah cara pembayaran dan menghemat waktu dan tenaga. Oleh karena itu anda perlu mengkonfirmasikan kepada pihak perusahaan kartu kredit dan membatalkan pembayaran otomatis agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

  • Mengumpulkan dan menarik bonus hadiah di kartu kredit

Sebaiknya melihat dan mencermati lagi bila anda mempunyai bonus seperti point, cashback, dan lain-lain di kartu kredit, alangkah baiknya sebelum anda menutup kartu kredit semua hadiah yang anda ambil sebelum menutup kartu kredit.

  • Mengumpulkan dokumen penutupan kartu kredit

Untuk menghindari tindakan kejahatan atau yang tidak kita inginkan sebaiknya kita menyimpan dokumen resmi yang menjadi bukti penutupan kartu kredit, jika ada pihak-pihak yang menyalahgunakan kartu kredit kita tentu ini sangat menyelamatkan kita dari tindak kejahatan ataupun ketika nanti kartu kredit kita masih terkena tagihan dokumen ini bisa diajukan untuk dipertimbangkan asalkan kita menutup kartu sudah dengan ketentuan oleh pihak kartu kredit. Pastikan tidak lupa untuk meminta bukti tertulis penutupan kartu kredit dan simpang ditempat yang aman dengan cara menyimpan di email atau pun di tempat yang anda anggap aman. Kartu kredit memang perlu kerumitan untuk membuat dan cara menutup kartu kredit, sehingga kita harus menaati ketentuan yang diwajibkan agar kita tidak dirugikan.