Cara Menemukan Minat Kerja

Minat kerja sering kali menjadi seperti barang yang hilang dari seseorang. Persoalannya adalah tidak semua orang menemukannya. Tapi jika kamu belum tau minat kerjamu, beruntunglah karen kamu tidak akan pernah kehilangan. Bagaimana mungkin kita kehilangan sesuatu yang tidak kita miliki?

Persoalan nyatanya adalah banyak orang stress ketika bekerja. Tekanan dari klien, atasan, sponsor, drama dari kolega dan tuntutan pekerjaan itu sendiri seperti membuat ambyar semuanya. Tak jarang individu langsung mendeklasarikan dirinya bahwa ‟ini bukan minat kerjaku”.

Tetapi jika ditanya minat kerjanya apa, maka tidak ada jawaban yang masuk akal kecuali arogansi bahwa kalau bisa tidak kerja dapat duit yang banyak. Boleh saja berangan-angan seperti itu, cari harga paling murah dan paling berkualitas adalah impian setiap pembeli.

Tapi impian itu hanya angan-angan semu yang diakui keberadaannya. Semua orang tau bahwa kualitas baik tidak selalu murah. Makanan sehat tidak harus murah. Penginapan yang bagus tidak selalu murah. Kadang harga mahal kualitasnya bagus juga, bergizi dan nyaman.

Tapi dengan pengakuan atas kesadaran itu, justru orang-orang tetap menuntut minta yang berkualitas tapi yang paling murah. Ini adalah paradoks yang mengundang stress ketika bekerja. Kita mengakui pekerjaan itu menghasilkan uang, tapi kita mau uangnya, tidak mau kerjanya. Sebelum menentukan minat kerja, pastikan dulu kita punya minat apa tidak.

Bagaimana menemukan minat kerja dalam diri?

Pertama, kamu yakinkan dirimu dulu bahwa kamu punya minat kerja. Di sinilah persoalannya. Banyak yang tidak punya minat kerja, namun mencari-carinya seolah-olah minat kerja itu barangnya yang hilang. Hanya jika kamu yakin punya minat kerja, kamu baru boleh mencarinya.

Baca Juga Cara Menentukan Karir

Beberapa usulan di bawah ini bisa menjadi referensi kamu untuk menemukan minat kerja dalam dirimu. Perlu diingat bahwa minat sifatnya personal dan ada di dalam diri sekalipun pengaruhnya bisa datang dari luar diri. Jika kamu punya minat, tidak perlu ragu untuk mengatakannya kepada orang lain. Menunjukkan apa minatmu adalah seperti menunjukkan siapa namamu kepada orang lain.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menemukan minat kerja?

Rasa memiliki

Minat, passion, hasrat, kesenangan adalah kekuatan dalam diri banyak orang. Tapi sayangnya tidak semua orang punya rasa memiliki terhadap minat, passion, hasrat dan kesenangannya. Milenials kadang perlu didorong supaya pede dalam rangka memupuk rasa memiliki karena dari situlah keyakinan akan tumbuh. Setalah yakin, baru nyatakan kelanjutan bahwa pekerjaan ini tidak sesuai minatku. Minatku adalah bla bla bla.

Mengalahkan rasa takut

Rasa memiliki itu bisa melawan rasa takut. Kamu perlu bergabung di dalam barisan minat untuk melawan rasa takut. Kamu perlu menolak ketakutan dengan deklarasi bahwa kamu memiliki hasrat, passion, kesenangan sendiri dalam dirimu. Nyatakan itu yang kamu inginkan, ketimbang mengutuk apa yang kamu lakukan dalam pekerjaan.

Hidup sekarang

Dengan berpihak pada minat, ketakutan akan kegagalan karir otomatis meminggir, memberi jalan datangnya dirimu yang penuh keinginan mengejar sesuatu yang menjadi minatmu. Hidup sekarang artinya tidak berjalan ke masa lalu atau masa depan. Hidup adalah saat ini, bukan kesuksesan yang dibayangkan di masa depan, bukan pula kegagalan yang dialami di masa lalu. Orang-orang baru bisa melihatmu jika kamu punya minat yang jelas. Orang-orang akan mengabaikanmu jika kerjamu hanya mengutuk tanpa tau maunya apa.

Ketiga cara di atas adalah langkah awal yang bisa ditempuh untuk menentukan minat kerja. Minat kerja tidak datang pada orang yang pasif menunggu. Melainkan diaktifkan melalui rasa dan kesadaran. Rasa memiliki, keyakinan teguh dan kenikmatan sekarang.

Bukan kita yang menunggu datangnya minat. Namun minatlah yang menunggu datangnya kita untuk diaktivasi. Bagaimana mengaktivasinya? Seperti saklar yang tinggal pencet, maka cahaya akan menyala, tekankan pada diri adanya suatu rasa memiliki. Akuilah bahwa kamu memiliki sumber pancaran cahanya, tugasmu tinggal mendeklarasikannya.