Berbagai Jenis Beasiswa S1 di Indonesia yang Populer

Melanjutkan pendidikan ke jenjang hingga kuliah bukan tidak mungkin lagi untuk masyarakat. Terutama karena banyaknya beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar yang mempunyai kemampuan, pintar, dan walaupun tidak mempunyai cukup dana untuk melanjutkan kuliah. Karena ada banyak jenis beasiswa S1 di Indonesia yang ditawarkan oleh pelajar. Adapun beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan untuk pelajaran yang ingin kuliah di kampus Indonesia adalah sebagai berikut ini:

1. Beasiswa S1 Unggulan

Pilihan jenis beasiswa pertama yang dapat dipilih adalah beasiswa S1 unggulan yang populer. Beasiswa ini dikelola oleh kementrian pendidikan dan menawarkan banyak jenjang untuk dipilih salah satunya adalah untuk pelajar SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar S1. Beasiswa ini akan mempunyai banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan seperti memilih kampus tempat pendidikan yang diinginkan, jurusan yang diinginkan, dan juga akan mendapatkan berbagai tunjangan untuk pelajar yang bersaing dan ingin mendapatkan beasiswa S1 Unggulan ini.

2. Beasiswa S1 Bidik Misi

Bagi yang merasa tidak mempunyai dana sehingga tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka beasiswa yang satu ini bisa menjadi jawabannya. Beasiswa Bidik Misi merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar yang mempunyai kecerdasan tetapi tidak mempunyai dana untuk segala pembayaran selama kuliah. Beasiswa ini akan memberikan fasilitas seperti uang bulanan, gratis biaya pendidikan, tunjangan untuk skripsi dan juga KKL yang diadakan selama menjalani kuliah. Sehingga bagi pelajar yang ingin kuliah dengan gratis dan tanpa perlu mengkhawatirkan dana pendidikan bisa untuk memilih beasiswa yang satu ini. Dimana beasiswa ini juga memberikan banyak peluang untuk pelajar memilih kampus dan jurusan yang disukainya.


3. Beasiswa Etos

Jenis beasiswa yang selanjutnya dan dapat dipilih untuk yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di dalam negeri adalah beasiswa Etos. Beasiswa ini akan menyediakan bantuan studi untuk pelajar yang berhasil untuk diterima di perguruan tinggi negeri. Beasiswa ini juga diprioritaskan untuk mereka yang kurang mampu dan akan mendapatkan banyak fasilitas yang bisa ditawarkan oleh beasiswa ini. Misalnya saja akan mendapatkan capacity building selama 4 tahun seperti misalnya career coaching, team building, spiritual awareness, dan juga character building. Selain itu keunggulan ketika mendapatkan beasiswa ini adalah akan mendapatkan asrama selama 2 tahun sehingga tidak perlu untuk mencari kos untuk tempat tinggal. Selain itu fasilitas yang akan didapatkan adalah uang saku selama 8 semester, biaya pendidikan, dan juga dapat untuk memberikan kesempatan untuk mengejar S2 ke luar negeri.

4. Beasiswa BII Maybank

Beasiswa S1 di Indonesia yang dapat dipilih adalah dari BII Maybank Foundation. Beasiswa ini bisa untuk digunakan untuk pelajar yang ingin kuliah di tiga negara yaitu yang ada di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Di Indonesia Anda bisa untuk mengambil beasiswa ini yang tentu saja akan mempunyai beberapa syarat yang tidak mudah karena akan mendapatkan fasilitas yang terbaik didapatkan. Dimana beberapa fasilitas yang akan didapatkan ketika diterima oleh beasiswa yang satu ini adalah akan mendapatkan full biaya studi dari biaya kuliah, biaya hidup, biaya tiket, mendapatkan tunjangan buku, asuransi, biaya untuk riset, dan juga berbagai biaya lainnya. Sehingga sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan kemudahan dalam hal pembayaran untuk kuliah.

5. Beasiswa PPA

Adalah beasiswa peningkatan prestasi akademik beasiswa ini diberikan untuk yang sudah berstatus mahasiswa. Apabila jenis sebelumnya bisa untuk didaftarkan sebelum mempunyai status mahasiswa, jenis ini akan bisa diajukan ketika Anda sudah menjadi mahasiswa di universitas yang ada di Indonesia. Beasiswa ini bisa didapatkan baik untuk mahasiswa di universitas negeri dan juga swasta. Dimana beasiswa yang akan didapatkan adalah mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar 350 ribu perbulan. Jenis beasiswa ini bisa didapatkan untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik sehingga IP dan IPK merupakan hal yang penting dan diperhatikan untuk mendaftar beasiswa yang satu ini.

6. S1 Djarum

Djarum merupakan perusahaan besar yang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Dimana beasiswa yang akan didapatkan adalah khusus untuk yang berada di semester IV dan bisa didapatkan oleh mahasiswa di berbagai universitas. Jenis ini akan memberikan tunjangan uang kuliah sehingga akan membantu untuk mendapatkan biaya kuliah lebih murah.

7. Karya Salemba Empat

Merupakan beasiswa S1 di Indonesia yang dapat dipilih dan merupakan jenis yang dapat diajukan untuk mahasiswa yang sudah kuliah selama 2 semester. Jenis beasiswa ini bisa didapatkan oleh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Dimana untuk mahasiswa yang berhasil mendapatkannya akan diberikan biaya 600 ribu perbulan selama satu tahun untuk bantuan biaya pendidikan.

Beberapa beasiswa s1 di Indonesia di atas bisa didapatkan dengan tekad dan usaha yang keras dan giat dalam belajar, baik yang akan masuki kedalam dunia perkuliahan ataupun yang sudah berstatus sebagai mahasiswa.

Leave a Reply