5 Manfaat Dana Pinjaman Tanpa Jaminan

Di negara berkembang seperti Indonesia ini, tak bisa dipungkiri jika seandainya masalah keuangan paling seiring menimpa masyarakatnya, mulai dari yang berhubungan dengan keuangan keluarga atau masalah bisnis. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika seandainya bank atau lembaga keuangan menjadi salah satu tujuan utama bagi masyarakat untuk mengatasinya. Pastinya banyak diantara Anda yang juga sudah tak begitu asing dengan lembaga keuangan yang satu ini bukan. Di tengah-tengah masyarakat keberadaannya menjadi bagian yang sangat penting dengan beragam jenis produk unggulan mereka, termasuk diantaranya adalah pinjaman tanpa jaminan.

Faktanya memang selain dikenal dengan produk simpanannya, maka lembaga keuangan yang satu ini juga terkenal dengan beragam pilihan produk pinjamannya. Bahkan bisa dikatakan bahwa popularitas dari produk pinjaman tanpa jaminan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan simpanan. Sehingga instansi keuangan tak hanya memberikan satu pilihan produk saja, melainkan lebih dari itu untuk kredit atau pinjaman.

Diantaranya ada 2 macam yang memang memiliki popularitas cukup tinggi dan banyak dipilih oleh masyarakat, yaitu:

1. Kredit multiguna

Istilah lainnya adalah KMG, produk kredit yang secara khusus ditujukan untuk masyarakat berbagai kalangan, mulai dari menengah ke bawah sampai dengan menengah ke atas, dengan syarat utama adalah keberadaan jaminan sebagai barang yang nantinya akan diperhitungkan nilai pinjaman atau plafon yang akan diberikan kepada Anda. Namun biasanya produk yang satu ini membutuhkan proses dan waktu pencairan dana yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan kredit tanpa agunan, karena ada berbagai macam survey yang dilakukan oleh pihak bank untuk menentukan layak atau tidaknya mendapatkan pengajuan pinjaman.


2. Kredit tanpa agunan

Kredit tanpa agunan lain dari kredit multiguna, maka ada satu produk lainnya yang juga sangat diminati oleh masyarakat, yaitu kredit tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA, istilah satu ini pastinya sudah tak begitu asing lagi bukan bagi Anda, mengingat memang diantara pinjaman yang lainnya, maka bisa dikatakan bahwa pinjaman tanpa jaminan paling banyak dipilih oleh masyarakat, hanya saja terkadang syarat yang diberlakukan juga agak sulit meskipun tidak diharuskan untuk memiliki jaminan, yaitu harus menyertakan adanya slip gaji dengan nominal penghasilan tertentu, juga harus memiliki penghasilan yang tepat.

Namun jika membandingkan antara keduanya, maka pinjaman tanpa jaminan memang lebih banyak diburu oleh masyarakat dibandingkan yang lainnya. ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh produk pinjaman tanpa jaminan ini yang jarang diketahui oleh masyarakat, diantaranya adalah:

  • Untuk dana renovasi rumah

Bagi yang ingin segera memperbaiki rumah yang kondisinya sudah tidak karuan, maka jangan khawatir, karena nyatanya Anda tetap bisa melakukan kegiatan renovasi, dengan dana yang berasal dari KTA ini, mengingat terkadang ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan sulit jika harus menabung, namun tidak jika sudah memiliki tanggungan, secara langsung uang gaji akan dipotong oleh lembaga keuangan yang bersangkutan. Paling tidak sebelumnya Anda sudah bisa melakukan renovasi rumah.

  • Digunakan sebagai biaya berobat

Jika penyakit sudah menyerang maka mau tak mau harus melakukan pengobatan untuk segera sembuh. Namun tidak bisa dipungkiri jika sebagian orang tidak mempersiapkan dana darurat atau paling tidak membuat asuransi kesehatan untuk persiapan kala terserang penyakit ini, sehingga mau tak mau harus ajukan pinjaman agar tetap bisa berobat. KTA ini menjadi solusi yang tepat, karena memang proses pencairan dana juga berlangsung dengan sangat cepat, jadi tak perlu menunggu waktu lama untuk melakukan pengobatan dengan dana yang didapatkan dari KTA ini.

  • Dipakai liburan

Sudah mempersiapkan liburan yang menyenangkan bersama dengan keluarga, namun keuangan tak mencukupi, jangan khawatir, rencana tetap bisa berjalan dengan mengandalkan uang dari KTA yang didapatkan. Pembayaran bisa dilakukan belakangan dengan sistem cicilan. Kebanyakan diantara anak muda senang memakai uang hasil KTA untuk memenuhi kebutuhan hiburan mereka.

  • Biaya pernikahan

Ternyata pernikahan membutuhkan modal yang tidak bisa dikatakan sedikit, paling tidak uang lebih dari 30 juta harus keluar jika menginginkan pernikahan yang meriah di sebuah gedung dengan dekorasi yang menarik. Untuk uang kekurangan dari dana pernikahan ini bisa Anda tunjang, diantaranya adalah dengan mengandalkan pinjaman berbasis KTA.

  • Membeli perabotan rumah

Manfaat lainnya yang juga belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah dana dari KTA bisa digunakan untuk mengisi rumah dengan berbagai macam perabotan yang dibutuhkan.Banyak bukan manfaatnya selain untuk kebutuhan modal usaha atau biaya pendidikan buah hati, tak heran jika seandainya banyak yang memilih pinjaman tanpa jaminan ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukannya, maka sebaiknya pilah-pilih bank atau lembaga yang tepat, karena memang tidak semuanya akan menyetujui pengajuan Anda, lihat juga suku bunga yang ditawarkan.

Leave a Reply